Kunjungan Rektor Universitas Cenderawasih ke FKUI, Bahas Penguatan Academic Health System di Papua

Kunjungan Rektor Universitas Cenderawasih ke FKUI, Bahas Penguatan Academic Health System di Papua

Jakarta, 25 Juni 2024 – Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, menerima kunjungan kerja dari Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Papua, Dr. Oscar Oswald O. Wambrauw, S.E., M.Sc.agr, beserta rombongan pada Senin, 3 Juni 2024, di Ruang Senat Akademik Fakultas, Kampus FKUI Salemba, Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, dibahas tentang penguatan pelaksanaan Academic Health System (AHS) di Papua, di mana Universitas Indonesia, dalam hal ini Fakultas Kedokteran, merupakan Koordinator Wilayah 2 AHS yang bertanggung jawab untuk wilayah Provinsi Papua. Selain itu, turut dibahas upaya penguatan dan pengadaan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan, seperti dokter dan dokter spesialis di Papua.

Dekan FKUI turut didampingi oleh Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Program Dokter Spesialis dan Subspesialis FKUI, Prof. Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD, dalam pertemuan tersebut. Sementara itu, turut hadir dalam rombongan Rektor Uncen, Plt. Kepala Biro Administrasi Akademis Kemahasiswaan, Chris Jan Rumsano, S.Pd., M.Si.; Plt. Kepala Biro Administrasi Perencanaan, Sistem Informasi, dan Kerjasama, Marthinus Marvin Itaar, S.H., M.A.P.; dan beberapa staf pengajar dari Fakultas Kedokteran Uncen.

Universitas Indonesia melalui Fakultas Kedokteran ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menjadi Koordinator Wilayah 2 dari Program AHS yang meliputi wilayah Banten, Jabodetabek, dan Papua. AHS merupakan sistem kesehatan yang mengintegrasikan pelayanan, pendidikan, dan penelitian yang menjadi keunggulan di suatu wilayah. Selama tahun 2022-2024, agenda besar AHS di Indonesia berpusat pada pengembangan model integrasi kesehatan-akademik untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah masing-masing. Selain itu, diharapkan melalui program ini mampu tercapai pemenuhan, pemerataan, dan penjaminan mutu dokter dan dokter spesialis di tiap-tiap wilayah.

Sumber: fk.ui.ac.id