Dekan FKUI Terima Kunjungan Pakar Medical Anthropologist dari University of Arizona

Dekan FKUI Terima Kunjungan Pakar Medical Anthropologist dari University of Arizona

Jakarta, 21 Juni 2024 – Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menerima kunjungan dari Dr. Priscilla Magrath, Ph.D, seorang Medical Anthropologist yang ahli dalam kebijakan dan praktik kesehatan global. Dr. Priscilla Magrath juga merupakan Senior Lecturer di Health Promotion Sciences Department, University of Arizona, Amerika Serikat. Pertemuan berlangsung pada Kamis, 6 Juni 2024, bertempat di Ruang Dekan, Kampus FKUI Salemba, Jakarta.

Kunjungan Dr. Priscilla Magrath ke FKUI bertujuan untuk menjalin kolaborasi penelitian dengan staf pengajar Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas (IKK) FKUI dan klaster Primary Health Care (PHC) and Innovation Centre IMERI FKUI, dr. Ahmad Fuady, M.Sc., Ph.D. Penelitian tersebut akan fokus pada stigma dalam pengobatan Tuberkulosis (TB), sebuah isu kesehatan yang masih menjadi tantangan besar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Selain membahas kolaborasi penelitian, pertemuan ini juga dimanfaatkan untuk mendiskusikan kemungkinan kerja sama yang lebih luas antara FKUI dan University of Arizona. Pembahasan mencakup rencana program pertukaran mahasiswa dan staf akademik antar kedua institusi. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua universitas serta mempererat hubungan akademik internasional.

Turut mendampingi Dekan dalam pertemuan tersebut, Ketua Departemen IKK FKUI, Dr. dr. Retno Asti Werdhani, M.Epid, Sp.KKLP, dan beberapa staf Departemen IKK serta klaster PHC and Innovation Centre IMERI FKUI, yaitu Prof. Dr. dr. Indah Suci Widyahening, MS, MSc-CMFM, Ph.D, Sp.KKLP; Dr. dr. Dhanasari Vidiawati, M.Sc., CM-FM., Sp.KKLP; dr. Dewi Friska, MKK, Sp.KKLP; serta Koordinator International Relations Office (IRO), Indah Susanti, S.Hum., M.M.

Kehadiran Dr. Magrath di FKUI juga bertujuan untuk memberikan kuliah tamu dengan topik “Understanding Patient’s Health Beliefs and Values for Improved Health Communication.” Kuliah tamu ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi mahasiswa dan staf FKUI dalam memahami persepsi dan nilai-nilai kesehatan pasien untuk meningkatkan komunikasi kesehatan.

Dekan FKUI, Prof. Ari Fahrial Syam, menyambut baik kunjungan tersebut dan mengatakan, “Dengan adanya kolaborasi ini, kami berharap dapat tercipta inovasi-inovasi baru dalam penanganan TB dan masalah kesehatan lainnya, serta peningkatan kualitas pelayanan kesehatan melalui pendidikan dan penelitian yang lebih baik.”

Sumber: fk.ui.ac.id