Dekan FKUI Menerima Kunjungan Pakar Orthopaedi Anak dari Australia

Dekan FKUI Menerima Kunjungan Pakar Orthopaedi Anak dari Australia

Jakarta, 14 Juni 2024 Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), menerima kunjungan dari Assoc. Prof. Nicole Williams, Head of Orthopaedic Surgery dan Co-Director Paediatric Major Trauma Service di Women’s and Children’s Hospital (WCH), Adelaide, Australia. Pertemuan ini berlangsung pada Rabu, 5 Juni 2024, di Ruang Dekan, Kampus FKUI Salemba, Jakarta.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Plt. Ketua Departemen Orthopaedi dan Traumatologi FKUI-RSCM dr. Wildan Latief, Sp.OT(K); Ketua Program Studi Subspesialis (Sp-2) Orthopaedi dan Traumatologi FKUI-RSCM Prof. Dr. dr. Achmad Fauzi Kamal, Sp.OT(K); dr. M. Deryl Ivansyah, Sp.OT(K), Staf Medis Divisi Pediatrik Orthopaedi; dan Indah Susanti, S.Hum., M.M., Koordinator International Relations Office (IRO).

Assoc. Prof. Nicole Williams berkunjung untuk melakukan transfer pengetahuan dan berbagi informasi terkait keahlian Orthopaedi Anak kepada berbagai kalangan di FKUI. Selama tiga hari kunjungannya, beliau mengisi beberapa acara yang diselenggarakan oleh Departemen Orthopaedi & Traumatologi FKUI, termasuk sebagai panelis dalam talkshow “Cerebral Palsy (CP) Gathering: Together we are Stronger” bagi masyarakat umum pasien-pasien cerebral palsy yang tergabung dalam Rumah Cerebral Palsy (RCP). Nicole Williams juga memberikan kuliah tentang “Updates on Management of Pediatric Fractures” dan “How to Develop Research Registry” kepada staf serta peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Sp-1 dan PPDS Sp-2 Orthopaedi & Traumatologi FKUI.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan meningkatkan kemampuan para peserta didik serta tenaga medis di FKUI, Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dalam menangani kasus Orthopaedi Anak, khususnya dalam penanganan cerebral palsy dan fraktur pada anak.

Prof. Ari Fahrial Syam menyambut baik kunjungan ini dan mengapresiasi Nicole Williams atas dedikasinya dalam berbagi ilmu dan pengalaman. “Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya FKUI untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan medis melalui kolaborasi dengan institusi serta pakar internasional. Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan dunia kedokteran, terutama di bidang Orthopaedi,” ujar Prof. Ari.

Sumber: fk.ui.ac.id